serviced office jakarta

Inilah Mengapa Lebih dari 70 Persen Resume Ditolak

Posted on

Anda mungkin pernah mengalami kekecewaan ketika melamar pekerjaan impian Anda, tetapi tidak mendapatkan panggilan wawancara. Padahal, Anda sudah yakin bahwa Anda memiliki kualifikasi dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan tersebut. Lalu, apa yang salah dengan resume Anda?

Resume adalah dokumen penting yang menunjukkan identitas, kemampuan, dan prestasi Anda kepada pihak perusahaan. Resume juga menjadi faktor penentu apakah Anda layak atau tidak untuk diundang wawancara. Namun, banyak pelamar yang tidak menyadari bahwa resume mereka memiliki kekurangan atau kesalahan yang membuat mereka ditolak oleh HRD.

Baca juga : https://pace-office.com/id/sewa-kantor-jakarta/

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa resume Anda bisa ditolak oleh HRD, dan bagaimana cara menghindarinya:

Resume Tidak Rapi dan Profesional

Salah satu hal yang pertama kali dilihat oleh HRD adalah tampilan resume Anda. Jika resume Anda berantakan, tidak teratur, atau tidak profesional, maka HRD akan langsung mengesampingkannya. Resume yang rapi dan profesional menunjukkan bahwa Anda serius dan peduli dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat resume yang rapi dan profesional adalah:

  • Gunakan layout yang sederhana dan mudah dibaca. Hindari menggunakan font yang aneh, warna yang terlalu mencolok, atau gambar yang tidak relevan.
  • Gunakan foto formal yang terlihat jelas dan sopan. Hindari menggunakan foto selfie, foto bersama teman, atau foto yang terlalu santai.
  • Tuliskan pengalaman kerja Anda secara kronologis, mulai dari yang terbaru hingga yang terlama. Jelaskan secara singkat dan spesifik tentang tanggung jawab dan pencapaian Anda di setiap pekerjaan. Hindari menuliskan hal-hal yang tidak penting atau tidak berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Buat resume Anda se-ringkas mungkin, cukup satu atau dua halaman saja. HRD tidak akan mau membaca resume yang terlalu panjang atau berlebihan.
Baca Juga :  Haruskah Kampanye Patriotik dan Sesi Pembelajaran Menjadi Bagian dari Pendidikan Bisnis?

Resume Tidak Sesuai dengan Pekerjaan yang Dilamar

HRD juga akan menilai resume Anda berdasarkan kriteria dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh pekerjaan yang Anda lamar. Jika resume Anda tidak sesuai atau tidak relevan dengan pekerjaan tersebut, maka HRD akan menganggap Anda tidak cocok atau tidak tertarik dengan pekerjaan itu.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat resume yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar adalah:

  • Tuliskan tujuan karir Anda secara jelas dan spesifik. Tunjukkan bahwa Anda memiliki visi dan misi yang sejalan dengan pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar. Hindari menuliskan tujuan karir yang terlalu umum atau tidak realistis.
  • Tuliskan keahlian dan kemampuan Anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jelaskan bagaimana Anda dapat menggunakan keahlian dan kemampuan Anda untuk memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi perusahaan. Hindari menuliskan keahlian dan kemampuan yang standar atau tidak khusus, seperti mengoperasikan Ms. Office atau berbahasa Inggris.
  • Sertakan portofolio atau bukti kinerja Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini akan membantu HRD untuk melihat hasil kerja Anda secara nyata dan mengukur potensi Anda. Hindari menyertakan portofolio atau bukti kinerja yang tidak berkualitas atau tidak profesional.

Resume Tidak Diperbarui atau Disesuaikan

HRD juga akan memperhatikan apakah resume Anda sudah diperbarui atau disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika resume Anda sudah lama tidak diperbarui atau disesuaikan, maka HRD akan meragukan keseriusan dan ketertarikan Anda dengan pekerjaan tersebut. HRD juga akan menganggap Anda tidak memiliki inisiatif atau kreativitas dalam membuat resume.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memperbarui atau menyesuaikan resume Anda adalah:

  • Perbarui resume Anda setiap kali Anda memiliki pengalaman, pendidikan, atau prestasi baru yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini akan menunjukkan bahwa Anda selalu berkembang dan belajar dalam karir Anda.
  • Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar. Ini berarti Anda harus menyesuaikan tujuan karir, keahlian, kemampuan, dan portofolio Anda dengan kriteria dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut. Ini akan menunjukkan bahwa Anda memahami dan memenuhi kebutuhan perusahaan.
Baca Juga :  Bagaimana Urgensi Desain Dapat Menyelamatkan Tempat Kerja

Kesimpulan

Resume adalah dokumen penting yang dapat menentukan nasib Anda dalam mendapatkan pekerjaan impian Anda. Oleh karena itu, Anda harus membuat resume yang rapi, profesional, sesuai, dan diperbarui. Dengan begitu, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara dan melangkah lebih dekat dengan pekerjaan impian Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!